Tuesday, December 20, 2016

Saat si Kecil Sakit, Haruskah Langsung Dibawa ke Dokter?

ilustrasi

IBU baru selalu panik dan bingung jika anaknya kena demam dan flu. Mereka selalu cepat-cepat membawa anaknya ke dokter padahal baru sakit satu sampai dua hari.

Padahal Moms, jika si kecil sakit jangan langsung dibawa ke dokter. Anda dapat menangani sendiri di rumah dengan cara sederhana.

Misalnya ketika si kecil pilek, lebih baik berikan dia obat-obatan sederhana seperti tetes hidung, anak dijemur di pagi hari, banyak minum air putih, atau bisa juga memberikan uap minyak kayu putih.

"Pada fase awal, kalau anak pilek lalu penyebabnya virus bisa sembuh sendiri. Jangan buru-buru dibawa ke dokter kalau kondisi pileknya tidak sangat mengganggu kegiatan anak atau kalau anak rewel," ujar Spesialis Anak dr Isabella Riandani SpA saat ditemui di kawasan Kebon Sirih, baru-baru ini.

Dokter dari RS Mitra Keluarga Kelapa Gading itu menambahkan, begitu juga di saat anak sedang demam, jangan langsung dibawa ke dokter jika indikasinya tidak memicu kejang. Sediakan saja alat ukur termometer di rumah untuk mengetahui suhu tubuh si kecil.

"Kalau panas tinggi atau mengarah ke kejang boleh langsung dibawa ke dokter. Tapi kalau demamnya kena virus rata-rata satu minggu bisa hilang kok," tukasnya.

Sumber: okezone

No comments:

Post a Comment