Tuesday, December 20, 2016

Jangan Abaikan! 7 Kebiasaan Ini Ternyata Bisa Bikin Kita Merasa Lelah Sepanjang Hari

ilustrasi

Selidik punya selidik, kelelahan sebenarnya tak hanya disebabkan karena kurang tidur saja. Ada banyak hal yang bisa memicunya.  Mulai dari bergantung pada kafein hingga melewati sarapan di pagi hari. Berikut, tujuh kebiasaan yanng membuat kita lelah sepanjang hari:

1. Bergantung pada kafein

Memulai pagi hari dengan secangkir kopi memang tak ada salahnya. Bahkan, studi menunjukkan kalau tiga cangkir kopi yang dikonsumsi dalam satu hari, baik untuk kesehatan kita. Namun, mengonsumsi kafein dengan tidak semestinya, dapat mengganggu siklus tidur-bangun seseorang.

Dalam Journal of Clinical Medicine dikatakan, mengonsumsi kafein enam jam sebelu tidur dapat memengaruhi kualitas tidur kita. Jadi, sebaiknya kurangilah asupan kafein mulai dari sore hari.

2. Tidak berolahraga

Keistimewaan olahraga dapat kita lihat dari hasil studi di Universitas Georgi. Studi itu mengatakan, orang dewasa yang berolahraga ringan (20 menit perhari)  sebanyak tiga kali dalam seminggu, merasa lebih bersemangat dan berenergi.

3. Kurang minum

Sebagian besar tubuh kita terdiri dari cairan. Bahkan, tulang yang kelihatannya kering, juga terdiri dari cairan. Nah, kehilangan cairan sering menjadi penyebab tubuh terasa lelah. Menurut  Amy Goodson, RD, ahli gizi di Texas Health Ben Hogan Sports Medicine, dehidrasi dapat menyebabkan pengurangan volume darah. Selain itu, ia juga bisa membuat darah menjadi lebih tebal.

Imbasnya, kerja jantung untuk memompa darah jadi kurang efektif. Alhasil,  peredaran oksigen dan nutrisi akan semakin lama untuk memenuhi kebutuhan energi bagi otot dan organ tubuh. Bukan Cabai, Melainkan Kurang Minumlah yang Sebabkah Radang Usus Buntu

4. Kekurangan zat besi

Jangan anggap remeh manfaat zat besi bagi tubu. Sebab kandungan zat besi yang minim dalam tubuh akan membuat seseorang menjadi lamban, lemah, dan tidak fokus. Menurut Goodson,  hal ini dikarenakan kurangnya  asupan oksigen yang beredar di otot dan sel-sel tubuh. Nah, kalau asupan zat besi tercukupi, tubuh dapat terhindar dari anemia yang menyebabkan tubuh terasa lelah.

5. Tidur larut

Tidur merupakan cara termudah untuk mengisi kembali tenaga kita. Sebaliknya, kurang tidur akan membuat tubuh kurang segar ketika bangun di pagi hari. Selain membuat tubuh terasa lelah, kurang tidur juga dapat menurunkan suasana hati kita. Nah, saat tertidurlah sistem imun akan bekerja lebih optimal. Kalau sistem imun berada dalam kondisi prima, penyakit pun enggan datang.

6. Terlalu merasa gelisah

Kegelisahan dan kecemasan sebenarnya tak hanya mengganggu kesehatan mental saja. Kegelisahan juga dapat membuat tubuh menjadi cepat lelah. Contohnya merasa gelisah saat dipanggil atasan di tempat kerja dalam pertemuan tak terduga. Biasanya, di saat-saat itulah kita kadang berpikir kalau hal buruk akan segera terjadi. Takut dipecat, misalnya. Solusinya, sebaiknya kita tidak  memikirkan hal-hal buruk yang belum pasti terjadi.

7. Tidak sarapan

Jangan heran kalau Anda merasa lelah bila melewati sarapan di pagi hari. Sebab, melalui makanan lah tubuh dapat memenuhi kebutuhan bahan bakarnya. Nah, yang perlu kita pahami, tubuh akan tetap menggunakan makanan yang kita makan di malam hari untuk memompa darah dan aliran oksigen.

Oleh sebab itu kita perlu sarapa guna memenuhi bahan bakar yang terbuang. Nah, makanan apa sih yang baik untuk dikonsumsi pada pagi hari? Goodson menyarankan agar kita  memilih biji-bijian, protein, dan lemak sehat untuk sarapan. Contoh, oatmeal, selai kacang, susu rendah lemak, telur dengan dua iris roti gandung, atau greek yogurt.

Sumber: tribunjabar

No comments:

Post a Comment