Wednesday, December 21, 2016

Kuota Haji Masih Menunggu Keputusan 4 Januari Tahun Depan


Kepastian mengenai tambahan kuota jemaah haji asal Indonesia akan diputuskan pada awal tahun 2017. Dijadwalkan Kementerian Agama dengan Kementerian Haji Arab Saudi akan menandatangani perjanjian pada 4 Januari 2017.

" Penambahan kuota itu baru bisa diketahui setelah ada penandatanganan M0U dengan Arab Saudi," ujar Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin usai 'Media Expose: Potret Umrah 2016' di Kantor Kemenag, Jakarta, Selasa, 20 Desember 2016.

Lukman juga membantah kabar adanya penambahan kuota haji yang merebak di media sosial. Menurut dia, pemerintah masih mendiskusikan penambahan kuota tersebut dengan otoritas Saudi.

" Sampai saat ini kami belum mendapatkan informasi tambahan kuota, dengan demikian berbagai info kabar yang beredar dari sejumlah postingan sosial media itu kami juga tak tahu sumber dari mana, tidak perlu dipercayai," ucap dia.

Seperti diketahui, pemotongan kuota jemaah haji terjadi karena renovasi Masjidil Haram pada 2013. Pemerintah Arab Saudi menetapkan kuota jemaah haji semua negara dipotong 20 persen.

Indonesia yang awalnya mempunyai kuota haji sebanyak 211.000 jemaah terpaksa mengurangi jumlah keberangkataan jemaah haji menjadi 168.800 ribu.

Seiring rampungnya renovasi Masjidil Haram, mencuat kabar mengenai kembalinya jumlah kuota haji tiap negara. Indonesia sebagai negara yang paling banyak memberangkatkan jemaah haji berharap keputusan itu tetap realisasi.

Sumber: dream

No comments:

Post a Comment