Wednesday, December 21, 2016

Ingin Bikin Teh Seduh yang Nikmat? Ssst... Begini Lho Rahasianya!

ilustrasi

Siapa yang tidak suka minum teh? Pasti anda termasuk salah satu penikmat teh juga bukan? Selain cara meraciknya gampang, kandungan kafein yang terdapat dalam teh bisa bikin badan lebih segar setelah meminumnya.

Meskipun saat ini teh sudah banyak tersedia dalam berbagai kemasan dan rasa, teh seduh original yang dibuat langsung tetap jadi juaranya. Bagaimana tidak, selain rasanya yang segar dan ringan bercampur dengan wangi khas teh, akan lebih terasa nikmat bila teh langsung diseduh. Apalagi diminum saat cuaca sedang dingin atau setelah makan.

Dikutip Covesia (21/12/2016) dari Resepkoki.id, untuk membuat teh yang nikmat, ternyata ada caranya sendiri, lho! Berikut langkah-langkah menyeduh teh yang nikmat:

Kenali jenis teh

Beda teh, beda juga cara penyeduhannya. Kenali dulu jenis teh yang akan diseduh misalnya teh hitam dan hijau yang mudah ditemukan di pasaran. Untuk harga, teh hijau biasanya lebih mahal daripada teh hitam.

Saat diseduh, teh hitam menghasilkan warna coklat agak orange. Teh ini sering dikonsumsi untuk membuat teh manis, teh tubruk, teh melati, lemon tea dan teh susu.

Sedangkan teh hijau menghasilkan warna hijau muda saat diseduh. Teh hijau sering dipakai untuk diet. Kedua jenis teh ini tersedia dalam kemasan teh celup, teh tubruk, dan yang masih berbentuk daun kering.

Air yang dipakai

Kualitas air ternyata menentukan rasa teh yang diseduh lho! Karena oksigen dan mineral yang terkandung di dalam air kemasan atau air pegunungan lebih tinggi daripada air kran yang mengandung banyak klorin. Itulah yang mempengaruhi rasa tehnya nanti.

Suhu air panas

Suhu air yang terlalu panas akan membuat daun teh cepat hancur dan airnya menjadi keruh. Sedangkan air yang tidak terlalu panas akan bisa membuat warna teh menyebar sempurna. Jadi sebaiknya didihkan air sesaat sebelum menyeduh.

Untuk menyeduh teh hitam, gunakan air panas dengan suhu 100°C sedangkan untuk teh hijau adalah 74-85°C. Jika Anda belum punya termometer khusus, Anda bisa perhatikan gelembung udara yang muncul saat air didihkan.

Saat gelembung kecil mulai mengambang di permukaan air, berarti suhunya sekitar 71-76°C. Jika gelembungnya sudah mulai berkumpul di dasar alat pemanas, berarti suhunya sekitar 82-87°C.

Segera matikan api kalau sudah mendidih pertama kali. Jadi, untuk menyeduh teh hitam, segera seduh teh dengan air mendidih. Sedangkan untuk teh hijau, setelah air mendidih diamkan dulu sekitar 30 detik biar suhunya turun, baru seduh tehnya.

Gunakan teko tanah liat atau keramik

Wangi teh yang sedap menjadi salah satu kunci teh seduh yang enak. Nah, untuk mengunci wanginya, gunakan teko dari tanah liat atau keramik.

Sebelum tehnya diseduh, tuang dulu bagian dalam teko dengan air panas agar teko menyerap panas. Setelah disiram, tambahkan beberapa sendok daun teh lalu tambahkan air panas. Diamkan selama 3-5 menit untuk teh hitam dan 2-3 menit untuk teh hijau. Khusus untuk teh celup, seduh selama 2-3 menit. Lalu segera angkat kantong teh dan ampasnya agar rasa teh tidak terlalu pekat dan pahit.

Bahan campuran

Teh original memang enak, tapi teh yang memiliki banyak rasa bisa membuat kita tidak cepat bosan. Teh bisa ditambahkan dengan gula, susu, jeruk lemon, dan melati. Aduk teh searah agar tercampur rata. Jangan lupa untuk selalu menyimpan teh di wadah yang tertutup rapat dan disimpan di tempat yang sejuk.

Tips : Saat menyeduh teh, takaran yang dipakai boleh sesuai selera. Tergantung ingin seberapa pekat tehnya nanti.

Sumber: covesia

No comments:

Post a Comment