Tuesday, December 20, 2016

Orang Tua harus Tahu! Begini Cara yang Benar Menidurkan Bayi

ilustrasi

Jakarta: Berdasarkan studi terbaru yang dilakukan American Academy of Pediatrics, sebagian besar orang tua menempatkan bayi mereka tidur di lingkungan yang berisiko.

Peneliti melakukan penelitian terhadap 160 bayi yang berusia 1,3 dan 6 bulan.

Dari rekaman video pada bayi-bayi tersebut, menunjukkan bahwa banyak orang tua menidurkan bayi mereka dengan posisi miring
atau telungkup, menidurkan bayi di permukaan yang terlalu empuk dan lembut, tempat tidur yang luas, atau membiarkan bayi mereka tidur bersama dalam satu ranjang.

Peneliti juga mengamati tiga kelompok usia bayi dan menemukan 87-93 persen orang tua meletakkan barang-barang yang berpotensi membahayakan seperti selimut, boneka binatang atau bantalan bumper di permukaan tidur mereka.

The United States Department of Health and Human Services melaporkan bahwa kematian bayi yang berkaitan dengan tidur adalah penyebab nomor satu kematian bayi di usia 1 bulan da 1 tahun.

Para peneliti menyadari orang tua yang tidak memiliki pengetahuan tentang hal tersebut akan terus menempatkan bayi mereka pada lingkungan yang berisiko.

Sangat penting bagi orang tua untuk menyadari lingkungan tidur yang berisiko, seperti berpotensi bisa membuat bayi sesak napas tak disengaja, tercekik, atau terkena sindrom kematian bayi mendadak.

The Centers for Disease Control and Prevention merekomendasikan langkah untuk pencegahan sindrom kematian bayi mendadak dan masalah tidur lainnya pada bayi dengan cara berikut.

1. Selalu menempatkan bayi tidur dalam posisi telentang
2. Gunakan permukaan tidur yang tidak terlalu empuk dengan dilapisi kain yang tidak longgar.
3. Hindari tidur seranjang dengan bayi, tetapi letakkan tempat tidur bayi dalam kamar Anda.
4. Jauhkan benda-benda lembut seperti bantal dan selimut longgar dari tempat tidur bayi.

Sumber: metro

No comments:

Post a Comment